Diberdayakan oleh Blogger.

Entri Populer

Ada kesalahan di dalam gadget ini

Popular Posts

WISATA KULON PROGO

Kulon progo merupakan salah satu kabupaten di Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Wilayahnya berada di sebelah barat kota Jogja.Di wilayah ini terdapat banyak obyek wisata yang layak untuk dikunjungi.

Berikut ini adalah Daftar tempat atau Obyek wisata di kabupaten Kulon Progo:

Wisata Kalibiru
 Wisata alam Kalibiru, jika di baca dari namanya dalam bahasa jawa "kali "artinya sungai dan "biru" artinya warna biru, jadi Kalibiru artinya tempat wisata dengan sungai biru. Jangan salah mengartikan seperti statement tersebut, Kalibiru bukanlah sungai biru, tetapi wisata alam yang menyajikan keindahan alam dari atas bukit. Kalibiru terletak di wilayah Desa Hargowilis, Kokap, Kulon Progo. Kalibiru masuk kedalam desa wisata, sehingga yang mengelola Kalibiru adalah warga setempat. Di Kalibiru kita dapat menikmati keindahan perbukitan menoreh, dan juga keindahan Waduk Sermo. Kalibiru merupakan salah satu wisata alam yang terkenal dan sekarang sering dikunjungi, mungkin karena namanya yang unik dan juga keindahan alam yang disajikan tidak mengecewakan pengunjung. Tidak hanya itu, wisata Kalibiru juga terdapat tempat outbound, bagi pengunjung yang ingin flyingfox bisa membayar ke petugas outbound.

Waduk Sermo

Inilah salah satu kebanggaan Kulon Progo, tempat wisata yang sudah ada sejak beberapa tahun yang lalu. Waduk Sermo merupakan sebuah waduk berukuran besar yang di kelilingi perbukitan yang terletak di desa Hargowilis, Kokap, KulonProgo, Yogyakarta. Sebuah waduk yang berada di dataran tinggi dari kota yogyakarta. Jika ingin menikmati wisata alam yang berhubungan dengan air, anda tidak harus datang ke pantai, berwisata ke waduk sermo anda akan dimanjakan oleh keindahan waduk beserta kesejukan alamnya.

Wild Animal Rescue Center (WRC)
Wild Animal Rescue Center (WRC) mungkin bagi sebagian orang akan terasa asing karena nama ini belum lama ada. Tapi kalau mendengar nama PPSJ atau Pusat Penyelamatan Satwa Jogja mungkin cukup familier.
Lokasi tempat tersebut ada di Dusun Paingan, Desa Sendangsari, Kecamatan Pengasih, Kulon Progo, Jogja. Cukup jauh kalau dari Jogja karena harus melalui kota Wates terlebih dahulu baru ambil ke arah kanan atau kalau dari arah Godean kebarat sampai perempatan Kenteng Nanggulan ambil ke arah selatan ke arah wates, dari Desa Banyuroto Nanggulan ke arah selatan 2km.

Ditempat ini banyak kegiatan yang bisa dilakukan. Bukan hanya mengamati aneka satwa yang diselamatkan. Tapi banyaknya fasilitas yang ada sangat mendukung berbagai kegiatan terutama yang bersifat outbond atau pelatihan kelompok.
Bukan hanya penginapan / hotel, meeting room, green cottage, outbond center yang telah diperbaiki tapi sarana camping ground juga sangat memadai. Di tempat ini juga telah dilengkapi dengan arena pendidikan lingkungan mulai untuk anak-anak hinga dewasa.
Tentunya akan sangat menyenangkan bisa berada di daerah penggunungan Menoreh sambil beraktifitas dan belajar. Kegiatan seperti seminar atau acara pribadi semisal pernikahan atau perayaan ulang tahun bisa dilakukan ditempat ini.
Wisata yang ditawarkan oleh pengelola WRC melalui Menoreh Green Land (MGL) ini sangat unik karena mengedepankan konsep kesadaran konservasi. Hal ini tentu sangat mendukung kelestarian alam untuk keberlangsungan bumi.
WRC ini memiliki program utama berupa penyelamatan atau rescue. Selain itu ada juga program rehabilitasi atau mengembalikan kondisi satwa agar siap dilepas di alam bebas. Pada akhirnya bila telah siap maka seluruh hewan yang ditangani akan dilepaskan kembali.
Bagi masyarakat sekitar WRC bertugas untuk memberikan edukasi atau pemahaman akan pentingnya menjaga kelestarian lingkungan. Maka wajar saja tempat ini banyak dipilih oleh siapa saja yang ingin belajar tentang satawa dan lingkungan.
Tempat konservasi satwa ini memiliki ribuan satwa yang dikelola. Sebagian sudah ada yang dilepas dan sebagian lagi masih ada di Paingan. Mayoritas satwa adalah hasil tangkapan warga yang ingin dikembalikan ke alam bebas. Tapi tak sedikit juga hasil sitaan dari pemerintah atas ulah oknum yang mengambil dari hutan.


Waduk Mini Kleco 
Wisata alam Waduk mini kleco ini berada di di dusun ngesong, desa giripurwo, girimulyo, kulonprogo, yogyakarta. Wisata alam ini di resmikan sekitar pertengahan tahun 2014. Wisata alam ini diberi nama waduk mini kleco, kenapa diberi nama waduk mini? Karena ukuran waduk ini memang kecil, tetapi walaupun kecil pemandangan diatas waduk mini sangatlah bagus.

Embung / Waduk Mini Kalibawang
   Wisata alam ini juga berupa waduk mini. Wisata alam ini diberi nama Embung Desa Banjaroya. Embung Banjaroya terletak di Desa Banjaroya Kecamatan Kalibawang Kulonprogo Yogyakarta. Embung Banjaroya diresmikan sekitar tahun 2014. Dari atas waduk ini, pengunjung dapat menikmati keindahan alam dengan background Gunung Merapi dan Merbabu.


Grojokan Sewu

Kulon Progo menyimpan sejuta pesona, hingga kini di barisan bukit Menoreh terdapat objek wisata yang cukup banyak. Salah satunya adalah Grojogan Sewu yang terletak di Dusun Beteng, Desa Jatimulyo, Kecamatan Giripurwo, Kulon Progo.
Objek wisata ini begitu sunyi dan benar-benar tersembunyi. Tak banyak yang tahu kalau dibalik tebalnya pepohonan yang ada di Menoreh menyimpan satu air terjun yang begitu jernih. Cocok bagi siapa saja yang ingin menenangkan hati dan menjauhkan diri dari penatnya kota.
Letaknya lumayan jauh dari kota Jogja karena mendekati perbatasan Kulon Progo – Purworejo.
Objek wisata Pantai
Selengkapnya Kunjungi situs Wisata Kulon Progo: www.kulonprogo.biz
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori PARIWISATA dengan judul WISATA KULON PROGO. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://bisnis.ekonomi-holic.com/2015/06/wisata-kulon-progo.html. Terima kasih!
Posted by: BELAJAR EKONOMI -