Diberdayakan oleh Blogger.

Entri Populer

Ada kesalahan di dalam gadget ini

Popular Posts

TIPS CARA MENGGEMUKKAN BADAN

Cara menggemukkan badan. Badan yang kurus terkadang membuat kita kurang percaya diri, sebaliknya badan yang terlalu gemuk juga demikian. Emang idealnya adalah mempunyai badan yang sedang, tidak terlalu kurus maupun gemuk apalagi atletis, mantap coy...

Bentuk tubuh ideal artinya berat harus sesuai dengan tinggi badannya agar tampak serasi dan seimbang. Berat badan ideal untuk mereka yang memiliki tinggi badan 160 cm, adalah 160-100 dan dikurangi lagi 10 persen, yaitu 54 kg. Jika kurang dari berat badan ideal itu, harus dinilai sebagai kurus. Apalagi jika kekurangannya lebih dari 20 persen berat badan idealnya.

Kurus sendiri ada yang sehat, ada juga yang tergolong tak sehat. Kurus yang sehat berarti memang pola dan bentuk tubuhnya mewarisi sifat yang kurang feminin atau cenderung androgenic atau sedikit komponen gynicnya, atau dapat juga bersifat androgynic perpaduan antara yang feminin dengan yang maskulinnya.

Nah berikut ini adalah beberapa cara sehat untuk menaikkan berat badan bagi Anda yang merasa masih terlalu kurang ideal:

1. Makan sesering dan sebanyak mungkin
Seseorang berpeluang mencapai berat badan idealnya jika makanannya memadai dan sesuai dengan kebutuhan tubuhnya. Rata-rata wanita bekerja membutuhkan 2.000-2.500 kalori setiap harinya.  
Bila badan kurus, seseorang mungkin akan merasa lebih cepat kenyang. Makan 5-6 porsi kecil sepanjang hari lebih baik daripada 2-3 kali dengan porsi makan besar.

2.  Kurangi kegiatan fisik yang tidak perlu
Perlu membatasi kegiatan fisik berarti tubuh akan membakar lebih banyak kalori yang sebetulnya dapat disimpan menjadi lemak. Kalau tidak perlu mondar-mandir di dalam ruangan kantor atau di dalam rumah, ya, tidak usah dilakukan saja. Tatalah sedemikian rupa agar pemakaian kalori tubuh menjadi seefisien mungkin.
 
3. Makan makanan yang bergizi
Sebagai bagian dari diet (mengatur pola makan) sehat secara keseluruhan, maka pilihlah makanan yang bergizi tinggi. Pilihan makanan dengan gizi tinggi, antara lain roti gandum, pasta, sereal, buah-buahan dan sayuran, produk susu rendah lemak, sumber protein rendah lemak, kacang-kacangan dan biji-bijian.

4. Mengonsumsi minuman smoothies dan shakes
Jangan mengonsumsi soda, kopi, dan minuman lainnya yang mengandung sedikit kalori dan nilai gizinya rendah. Sebaliknya, minum smoothie atau shakes lebih sehat, apalagi yang dibuat dengan susu rendah lemak dan jus segar.

Dalam beberapa kasus minuman cairan pengganti makan mungkin juga disarankan. Minum cairan pengganti makan lebih baik saat 30 menit sebelum atau setelah makan. Hal tersebut bertujuan untuk menghindari perut terasa penuh sebelum makan.

5. Tambahkan makanan ringan padat kalori
Camilan kacang-kacangan, selai kacang, keju, buah kering, dan alpukat. Kombinasi cemilan yang padat kalori, antara lain:
a. Selai kacang dan sandwich jelly
b. Sandwich dengan alpukat
c. Sandwich dengan irisan sayur
d. Sandwich dengan daging
e. Sandwich dengan keju

6. Tambahkan lebih banyak kalori dalam makanan sehari-hari
Tambahkan lebih banyak kalori untuk makanan sehari-hari, dengan kombinasi makanan misalnya:
a. Keju di casserole
b. Sup dan telur dadar
c. Susu tanpa lemak

7. Sembuhkan penyakit yang menyebabkan badan menjadi kurus
Ada beberapa penyakit dan gangguan yang dapat membuat tubuh menjadi kurus ,antara lain, TBC, kelenjar gondok, kencing manis, anoreksia, gangguan penyerapan usus atau malabrorbsi, dan kanker. Obatilah mulai dari sekarang sebelum tambah parah dan merusak tubuh Anda.
 8. Mengontrol asupan gula dan lemak
Bahkan ketika badan sangat kurus, sadarilah jika terjadi kelebihan gula dan lemak. Mengontrol pola makan juga dengan menyediakan nutrisi, seperti muffin gandum, yoghurt, dan pie buah.

9. Istirahat dan tidur yang cukup
Tidur malam yang ideal bagi orang dewasa adalah 8 jam sehari, kurangi bergadang pada malam hari.
 
10. Olahraga yang cukup dan teratur
Melakukan olahraga dengan teratur, terutama latihan kekuatan, dapat membantu menaikkan berat badan dengan membentuk otot-otot tubuh. Olahraga juga dapat meningkatkan nafsu makan, sehingga dapat membantu meningkatkan berat badan.
 
11. Hindari Stress
Terlalu banyak beban masalah baik pkerjaan, teman, keluarga maupun yang lainnya akan menguras otak dan pikiran Anda, berusahalah untuk bisa mengelola emosi Anda. Pikiran yang tenang sangat diperlukan untuk pertumbuhan fisik Anda. 
 
12. Jauhkan dari kebiasaan hidup yang tidak sehat 
Kebiasaan hidup yang tidak sehat seperti merokok, suka minim minuman beralkohol apalagi menggunakan narkoba akan merugikan kesehatan  Anda tidak hanya fisik tetapi juga mental Anda. 
 
13. Vitamin tambahan 
Vitamin tambahan tidak berarti menambah nafsu makan. Vitamin hanya memperlancar mesin tubuh agar optimal memanfaatkan zat makanan yang diterimanya. Namun bagi orang yang terganggu selera makannya, selain butuh vitamin, perlu juga obat perangsang nafsu makan. Tanpa bantuan ini asupan porsi makannya tidak mencukupi kebutuhan sehari-hari, alih-alih untuk bisa menjadikannya bertambah gemuk.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori KESEHATAN dengan judul TIPS CARA MENGGEMUKKAN BADAN. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://bisnis.ekonomi-holic.com/2012/11/tips-cara-menggemukkan-badan.html. Terima kasih!
Posted by: BELAJAR EKONOMI -